News

PPDB TA. 2014/2015

I.         PENYELENGGARA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU JENJANG SMP, SMA DAN SMK

A.       Penyelenggara PPDB Tingkat Kabupaten:

1.        Penyelenggara PPDB tingkat Kabupaten Bekasi terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kementrian Agama Kabupaten Bekasi.

2.        Kepanitiaan PPDB tingkat Kabupaten Bekasiterdiri dari :

a.        Ketua

b.        Wakil ketua

c.        Sekretaris

d.        Anggota

3.        Penyelenggara PPDB tingkat Kabupaten Bekasi mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

a.           merencanakan penyelenggaraan PPDB SMP, SMA, dan SMK;

b.           melakukan koordinasi dengan pihak kementrian agama;

c.           melakukan penandatanganan pakta integritas dengan semua stakeholdersmulai dari bupati, wakil bupati, sekretaris daerah, kapolres, dandim, kepala kejaksaan negeri, DPRD II, kepala kementrian agama kabupaten, ketua PGRI kabupaten Bekasi, Dewan Pendidikan kabupaten Bekasi;

d.           melakukan pendataan dan penetapan satuan pendidikan penyelenggara PPDB dengan daya tampungnya,untuk:

1)               satuan pendidikan yang menyelenggarakan CI, BI; dan

2)               satuan pendidikan yang menyelenggarakan sekolah reguler ;

e.           Menyusun dan menetapkan petunjuk teknis PPDB;

f.            mendistribusikan petunjuk teknis PPDB ke satuan pendidikan setiap jenjang;

g.           Melakukan sosialisasi penyelenggaraan PPDB ke seluruh satuan pendidikan;

h.           Melakukan kerjasama dengan pihak telkom dalam penyelenggaraan PPDB sistem online;

i.            Menyiapkan ruang/tempat dan peralatan pendaftaryang akan melakukan entri data;

j.            Menunjuk operator untuk melayani pendaftaran bagi calon peserta didik yang mendaftar dari luar kabupaten;

k.           melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan PPDB;

l.            menerapkan prinsip objektivitas, akuntabilitas dan transparansi pada proses pelaksanaan PPDB;

m.         Menetapkan calon peserta didik yang diterima dan tidak diterima berdasarkan hasil rapat dewan pendidik di satuan pendidikan;

n.           memantau dan mengendalikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru sesuai dengan Petunjuk  Tekhnis Penerimaan Peserta Didik baru Online Jenjang SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2014/2015;

o.           menerima laporan pelaksanaan PPDB dari setiap satuan pendidikan tentang peserta didik yang diterima dan yang tidak diterima;

p.           menerapkan sanksi bagi pihak – pihak yang melakukan pelanggaran dalam penyelenggaraan PPDB.

 

B.       Penyelenggara PPDB Tingkat Satuan Pendidikan:

1.        Penyelenggara PPDB tingkat satuan pendidikan terdiri dari unsur sekolah dan KomiteSekolah dibantu oleh guru dan tenaga administrasi;

2.        Kepanitiaan Penyelenggara PPDB tingkat satuan pendidikansekurang – kurangnya terdiri dari:

a.           Ketua                             :     Kepala sekolah

b.           Wakil ketua                     :     Wakil kepala sekolah

c.           Sekretaris                       :     Wakil kepala sekolah atau guru

d.           Anggota                          :     Unsur wakil kepala, guru, Tenaga Administrasi dan komite sekolah

3.        Tugas dan Tanggung Jawab Penyelenggara PPDB Tingkat satuan pendidikan, sebagai berikut:

a.               memiliki dan memahami petunjuk teknis PPDB tahun pelajaran 2014/2015 dengan sistem online;

b.               membuat usulan rencana daya tampung PPDB tahun pelajaran 2014/2015;

c.               melakukan penandatanganan pakta integritas dengan semua unsur sekolah;

d.               melakukan sosialisasi kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar;

e.               menyiapkan perangkat komputer lengkap dalam proses PPDB;

f.                menyediakan ruang/tempat dan peralatan pendaftaran bagi calon peserta didik yang mendaftar langsung ke sekolah;

g.               menjelaskan tata tertib pendaftaran kepada calon peserta didik baru yang akan mendaftar langsung ke sekolah;

h.               membantu calon peserta didik dalam melakukan pendaftaran online secara mandiri;

i.                melakukan verifikasi dokumen calon peserta didik baru yang telah mendaftar/entri data;

j.                memberikan tanda buktipendaftaran kepada calon peserta didik yang telah diverifikasi;

k.               melakukan pengolahan data;

l.                melakukan rapat dewan pendidik tingkat satuan pendidikan untuk menetapkan calonpeserta didik yang diterima dan tidak diterima;

m.             mengumumkan calon peserta didik baru yang diterima;

n.               melayani calon peserta didik baru yang diterima untuk daftar ulang;

o.               mengecek kembali berkas kelengkapan dokumen daftar ulang/registrasi;

p.               memberikan pelayanan informasi dan pengaduan;

q.               membuat laporan pelaksanaan PPDB.

 

II.       PERSYARATAN DAN DAYA TAMPUNG CALON PESERTA DIDIK BARU

A.       Persyaratan Umum

1.        Calon peserta didik baru SMA

a.      Memiliki ijazah SMP/MTs. atau yang sederajat.

b.      Memiliki SKHUN SMP/MTs./Paket Batau Dakol UNSMP/MTs./Paket B;

c.      Berusia maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru.

 

2.        Calon peserta didik baru SMK :

a.      Memiliki ijazah SMP/MTs. atau yang sederajat.

b.      Memiliki SKHUN SMP/MTs./Paket Batau Dakol UNSMP/MTs./Paket B;

c.      Berusia maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru.

 B.         Persyaratan Khusus CI dan BI

Calon peserta didik  baru SD, SMP, SMA program CI dan BI bidang olah raga pada SMA, harus memenuhi persyaratan khusus sebagai  berikut :

1.        Calon peserta didik baru SMA kelas CI:

a.        Memiliki nilai komulatif rata-rataraport 75  (tujuh puluh lima) semester 1, semester 2,  semester  3, semester  4, dan semester 5 dari SMP/MTs dan menyerahkan copinya yang dilegalisir sekolah asal;

b.        Mengikuti tes psikologis yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

c.        Memiliki IQ 130 ke atas.

 

2.        Calon peserta didik baru SMA kelas BI  :

a.        Memilikisurat keterangan/sertifikat berprestasi dalam kompetisi non akademik asli tingkat internasional, nasional, propinsi, kabupaten.

b.        Mengikuti tes praktek sesuai kompetensi dan pilihan keakhlian.

c.        Memiliki surat keterangan sehat dari dokter;

 

3.        Penerimaan Calon Peserta Didik Baru (PPDB) yang berasal  dari sekolah asing dilakukan melalui seleksi khususberdasarkan ketentuan yang berlaku secara nasional.

 

C.       Daya Tampung Penerimaan Calon Peserta Didik Baru

  1. Ketentuan Umum

a.        Setiap sekolah peserta PPDB memiliki batasan daya tampung Calon Peserta Didik Baru dan berorientasi pada peningkatan mutu;

b.        Daya tampung dari tiap sekolah sebagaimana diatur dalam  Lampiran keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi;

c.        PPDB On-line berbasis nilai UN berazaskan kompetitif, melalui seleksi berdasarkan nilai UN SMP/MTs atau yang sederajat;

d.        Daya tampung PPDB On-line berbasis nilai UN sebesar 100 %, dengan rincian sebagai berikut :

1)          95 %Daya tampung PPDB On-line berbasis nilai Ujian Nasional ditujukan untuk Calon Peserta Didik Baru dari dalam Kabupaten Bekasi reguler umum;

(a)         Maksimal 20 % Calon Peserta Didik Baru Berbasis nilai Ujian Nasional berasal dari peserta didik kurang mampu secara ekonomi;

(b)         Maksimal 5 % Calon Peserta Didik Baru Berbasis nilai Ujian Nasional berasal dari peserta didik berprestasi;

(c)         75 % Calon Peserta Didik Baru Berbasis nilai Ujian Nasional reguler

2)          Maksimal 5 % Calon Peserta Didik Baru Berbasis nilai Ujian Nasional berasal dari luar Kabupaten Bekasi;

e.           Lulusan sebelum tahun pelajaran 2013/2014baik yang berasal dari Kabupaten Bekasi maupun luar Kabupaten Bekasi masih bisa mengikuti seleksi PPDB;

d.        Apabila kuota untuk calon peserta didik kurang mampu secara ekonomi, luarkabupaten dan berprestasi belum terpenuhi, maka dapat diisi oleh Calon Peserta Didik Baru dari dalam Kabupaten Bekasi reguler umum;

e.        Untuk SMA yang lokasi sekolah berbatasan dengan kabupaten atau kota lain, kuota calon peserta didik dari luar kabupaten Bekasi dapat ditambah.

  1. Ketentuan Khusus

Jumlah peserta didik dan rombongan belajar sbb.:

a.           Peserta didik baru SMA jumlah 40 (empat puluh)/rombel;

b.           peserta didik baru SMA Kelas CI dan BI jumlah 32 (tiga puluh dua)/rombel;

c.           daya tampung setiap sekolah reguler ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi;

d.           Peserta didik inkusi bisa mendaftar di sekolah yang telah ditentukan.

 

III.      SISTEM DAN TATA CARA PENERIMAAN  CALON PESERTA DIDIK BARU

A.         Sistem Penerimaan

1.       Sistem PPDB SMA, SMK di Kabupaten Bekasi pada Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui:

a.          Seleksi berbasis IQ untuk sekolah penyelenggara Cerdas Istimewa (CI);

b.          Seleksi berbasis keberbakatan (prestasi  non akademik) untuk sekolah penyelenggara Bakat Istimewa (BI) bidang olah raga.

c.          Seleksi berbasis Nilai UN untuk sekolah reguler.

1)          Calon peserta didik berasal dari kurang mampu secara ekonomi

2)          Calon peserta didik berasal dari yang berprestasi akademik

3)          Calon peserta didik berasal dari luar Kabupaten Bekasi

4)          Calon peserta didik reguler umum

2.       Pendaftaran dan pengolahan data PPDB menggunakan system real time On-linediikuti oleh seluruh sekolah negeri reguler, sebagaimana nama-nama sekolah tercantum dalam lampiran ini.

3.          Khusus untuk SMA penyelenggara kelas CI dan BI, pendaftaran calon peserta didik baru yang memilih kelas CI dan BI, penerimaan dengan sistem manual.

 

B.         Pilihan Sekolah

1.           Calon Peserta Didik Baru SMA dapat memilih maksimal 3 (tiga) sekolah pilihan SMA negeri yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

2.           Pilihan 1, 2 dan 3 merupakan urutan prioritas pilihan.

3.           Jika pilihan 1, 2 dan 3 di jurnal PPDB harian tidak diterima, maka  Calon Peserta Didik Baru SMP, SMA, SMK bisa segera melakukan perubahan pilihan ke sekolah lain melalui panitia penyelenggara sekolah pilihan 1 apabila waktu pendaftaran masih ada.  

 

C.         Tata Cara Pendaftaran

1. Pendaftaran ke SMA penyelenggara kelas CI dan BI

a.           Calon peserta didik baru langsung daftar ke sekolah penyelenggara CI dan BI.

b.           Menyerahkan persyaratan fotocopy raport SMP/MTs. semester 1, 2, 3, 4 dan 5.

 

2. Pendaftaran ke SMP, SMA SMK reguler

       Pendaftaran SMA dan SMK reguler (di luar kelas CI, BI dan kelas olah raga), dilakukan tiga tahap, yaitu:

a.           Tahap I untuk calon peserta didik baru a. yang berasal dari peserta didik kurang mampu secara ekonomi, b. peserta didik yang berasal berprestasi dan c. Calon peserta didik yang berasal dari luar kabupaten Bekasi, sesuai jadwal PPDB.

b.           Tahap II untuk calon peserta didik baruumum (calon peserta didik baru boleh memilih sekolah SMA, SMK yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi), sesuai jadwal PPDB.

c.           Tahap III untuk calon peserta didik baru lokal, sesuai jadwal PPDB.

 

4. Kegiatan pendaftaran

a.           Entri data

1)          Pendaftaran PPDB dilakukan dengan cara On-line yang dapat dilakukan  oleh Calon Peserta didik/orang tua/wali secara mandiri, di sekolah asal (SMP/MTs.) atau di sekolah tujuan;

2)          Calon Peserta didik Baru yang melakukan entri data, wajib melakukan print out/mencetak hasil entri data;

 

b.           Verifikasi data

1)          Calon Peserta Didik Baru yang telah melakukan entri data, wajib menyerahkan:

hasil print out

a)          Calon peserta didik CI, menyerahkan:

(1)      Hasil print out

(1)         fotocopy Ijazah dan SKHUN SMP/MTs.

 

b)          Calon peserta didik BI menyerahkan:

(1)         Hasil print out

(2)         Fotocopy Ijazah dan SKHUN SMP/MTs.

(3)         Piagam/sertifikat bidang olah raga asli dan fotokopinya.

 

c)          Calon peserta didik reguler menyerahkan:

(1)      Hasil print out

(2)      Fotocopy Ijazah dan SKHUN SMP/MTs.

(2)         Surat Keterangan Tidak Mampu(SKTM) dari kepala desa/kelurahan diketahui kecamatan dan Fotocopy Kartu Keluarga (bagi calon peserta didik yang berasal dari kurang mampu secara ekonomi).

(3)         Piagam/sertifikat asli dan fotokopinya (bagi calon peserta didik yang berasal dari berprestasi).

(4)         Fotocopy Kartu Keluarga (bagi calon peserta didik yang berasal dari luar Kabupaten Bekasi).

 

2)          Calon Peserta Didik Baru yang telah menyerahkan berkas dan telah diverifikasi, akan menerima tanda bukti pendaftaran;

3)          Setiap Calon Peserta Didik Baru yang telah diverifikasi, dapat memantau jurnal PPDB setiap hari secara online.

 

c.           Calon Peserta Didik Baru  SMA Lulusan sebelum tahun 2013/2014 sebelum melakukan Pendaftaran PPDB On-line, harus  memperoleh surat rekomendasi dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi;

 

d.           Calon Peserta Didik Baru  yang berasal dari luar Kabupaten Bekasi, Pendaftaran PPDB On-line harus  memperoleh surat rekomendasi dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi

 

D.         Seleksi PPDB

1.      Seleksi SMA kelas CI sebagai berikut :

Calon peserta didik yang dapat diterima di kelas CI adalah peserta didik yang memiliki IQ 130 ke atas, komitmen dan kreativitas sesuai hasil psikotest.

 2.     Seleksi SMA kelas BI sebagai berikut :

Calon peserta didik diseleksi melalui              Nilai hasil tes praktek sesuai dengan potensipilihan masing – masing.

 3.     Seleksi Calon peserta didik SMA reguler dan SMK

a.           Calon peserta didik yang dapat diterima diseleksi berdasarkan ranking jumlah nilai UN sesuai dengan batas maksimum daya tampung/passing grade sekolah masing – masing.

b.           Jika jumlah nilai UN  pada batas maksimum daya tampung (passing grade) sama, maka dilakukan urutan langkah seleksi sebagai berikut:

1)          Urutan nilai ujian nasional setiap mata pelajaran yang lebih besar sesuai dengan urutan yang tercantum dalam SKHUN

2)          Jika nilai di atas juga sama maka didahulukan calon peserta didik  yang umurnya lebih tua.

c.           Calon peserta didik yang berasal dari kurang mampu secara ekonomi

1)          Ketentuan atau kriteria kurang mampu secara ekonomi:

-        Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar – besarnya Rp 3.000.000,- setiap bulan;

-        Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar – besarnya Rp 600.000,- setiap bulannya;

-        Jumlah tanggungan keluarga

1)           Tanggungan keluarga (anak) 1 diberikan tambahan skor 0,5

2)           Tanggungan keluarga (anak) 2 diberikan tambahan skor 1,00

3)           Tanggungan keluarga (anak) 3 diberikan tambahan skor 1,50

4)           Tanggungan keluarga (anak) di atas 3 diberikan tambahan skor 2,00

5)          Kuota calon peserta didik kurang mampu secara ekonomimaksimal 20 %

 

d.           Calon peserta didik berasal prestasi akademik

1)          Ketentuan atau kriteria prestasi akademik:

(a)        Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 1 tingkat kabupaten diberi skor 0,50 (nol koma lima nol)

(b)       Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 2 tingkat kabupaten diberi skor 1,00 (satu koma nol nol)

(c)        Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 3 tingkat kabupaten diberi skor 1,50 (satu koma lima nol)

(d)       Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 1 tingkat propinsi diberi skor 2,00 (dua koma nol)

(e)        Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 1 tingkat propinsi diberi skor 2,50 (dua koma lima nol)

(f)        Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 1 tingkat propinsi diberi skor 3,00 (tiga koma nol)

(g)        Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 1 tingkat nasional diberi skor 3,50 (tiga koma lima nol)

(h)       Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 1 tingkat nasional diberi skor 4,00 (empat koma nol)

(i)         Olimpiade Sains Nasional (OSN) peringkat 1 tingkat nasional diberi skor 4,50 (empat koma lima nol)

2)          Kuota calon peserta didik prestasi maksimal 10 %

 

e.           Calon peserta didik berbasis luar Kabupaten Bekasi

1)          Ketentuan atau kriteria luar Kabupaten Bekasi adalah siswa domisili orang tuanya di luar kabupaten Bekasi;

2)          Kuota luar Kabupaten Bekasi maksimal 5 %

 

4.         Penetapan Peserta Didik Baru

a.           Setiap sekolah menyusun peringkat/passing grade calon peserta didik baru berdasarkan hasil seleksi. 

b.           Peringkat berdasarkan nilai terbesar disusun menurun sampai batas terkecil oleh panitia PPDB, sesuai daya tampung yang telah ditetapkan.

c.           Peserta didik baru yang diterima di sekolah negeri ditetapkan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah yang diketahui oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi..

 

IV.      PENGUMUMAN DAN REGISTRASI

A.       Pengumuman

PengumumanPPDB dilakukan secara terbuka melalui website PPDB On-line Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi sesuai jadwal.

 

B.         Registrasi

1.           Calon Peserta didik  baru yang telah diterima  wajib daftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan;

2.           Apabila Calon Peserta Didik Baru yang diterima tidak daftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan, maka calon peserta didik dinyatakan mengundurkan diri, dan haknya sebagai peserta didik baru hilang.

3.           Berkas yang harus dibawa/diserahkan saat registrasi sebagai berikut:

a.          Menyerahkan fotokopi Ijazah/STTB yang dilegalisir sekolah asal.

b.          Menyerahkan SKHUN asli dan fotokopi yang dilegalisir sekolah asal.

c.          Menyerahkan fotokopi raport SMP/MTs. Kelas VII, VIII dan IX.

d.          Menyerahkan fotokopi Nomor Induk Peserta didik Nasional (NISN).

e.          Melampirkan  pasfoto  berwarna  ukuran 3 (tiga)  x 4 (empat) sebanyak 3 (tiga) lembar.

f.           Semua berkas tersebut di atas, dimasukkan dalam map warna kuning.

 

5.         Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru

 

a.          Jadwal Kegiatan Kelas CI dan BI:

No.

Kegiatan

Waktu

Tempat

1

Sosialisasi PPDB

10 Februari - 29 Maret 2014

Sekolah penyelenggara CI-BI

2

Pendaftaran

1 April – 30 April 2014

s.d.a

3

Verifikasi Berkas

1 Mei - 10 Mei 2014

s.d.a

4

Pelaksanaan psikotest

14 Mei 2014

s.d.a

5

Pengumuman Hasil Test

7 Juni 2014

s.d.a

6

Lapor Diri/Registrasi

16 – 21 Juni 2014

s.d.a

7

Rapat Orang Tua Peserta Didik Baru

28 Juni 2014

s.d.a

 

b.          Jadwal Kegiatan Kelas Reguler:

No.

Kegiatan

Waktu

Tempat

TAHAP I

TAHAP II

TAHAP III

1

Sosialisasi PPDB

29 Maret  - 31 Mei 2014

29 Maret  - 31 Mei 2014

29 Maret  - 31 Mei 2014

Sekolah masing – masing

2

Entry Data (pendaftaran)

16 Juni – 21 Juni 2014

23 Juni – 28 Juni 2014

30 Juni – 5 Juli 2014

Mandiri, sekolah asal dan atau sekolah tujuan

3

Verifikasi Data

16 Juni – 21 Juni 2014

23 Juni – 28 Juni 2014

30 Juni – 5 Juli 2014

Sekolah tujuan

4

Pengumuman Passinggrade online

23 Juni 2014

30 Juni 2014

7 Juli 2014

Website Dinas Pendidikan Kab. Bekasi

5

Lapor diri/registrasi

8 Juli – 11 Juli 2014

8 Juli – 11 Juli 2014

8 Juli – 11 Juli 2014

Sekolah tujuan

 

 V.   BIAYA PENYELENGGARAAN PPDB

A.          Sumber Pembiayaan PPDB

1.           APBD II.

2.           BOS pusat.

3.           BOS Propinsi.

4.           Komite sekolah sebagaimana tertuang dalam APBS (untuk SMA/SMK).

 

B.          Peruntukan Biaya

1.           Biaya penyelenggaraan PPDB Tingkat Kabupaten Bekasi mencakup komponen-komponen sebagai berikut:

a. Pelaksanaan sosialisasi, koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait.

b. Pencetakan dan pendistribusian juknis PPDB kesatuan pendidikan;

c. Penyediaan software dan hardware;

d. Monitoring, supervisi dan pelaporan ppdb;

e. Honorarium kepanitiaan.

 

2.           Biaya penyelenggaraan PPDB Tingkat Satuan Pendidikan mencakup komponen - komponensebagai berikut:

a.          Pelaksanaan sosialisasi dan koordinasi, seperti pembuatan spanduk dll.

b.          Kegiatan rapat – rapat dinas terkait penyelenggaraan PPDB.

c.          Pelaksanaan kegiatan pendaftaran, pengumuman dan registrasi;

d.          Konsumsi makan minum panitia

e.          Penyelenggaraan psikotes bagi SMA kelas CI dan SMP kelas olah raga.

f.           Pelaksanaan tes praktek (seleksi prestasi non akademis) bagi SMA kelas BI.

g.          Pelaksanaan tes praktek (seleksi prestasi non akademis) bagi SMP kelas olah raga.

h.          Pengadaan ATK

i.            Penggadaan format pendaftaran/pengumuman dsb.

j.            Penyediaan perangkat software dan hardware;

k.          Pelaksanaan pengumuman dan registrasi calon peserta didik yang diterima

l.            Kegiatan monitoring dan supervisi penyelenggaraanPPDB di satuan pendidikan penyelenggara PPDB;

m.         Honorarium kepanitiaan PPDB;

n.          Penyusunan dan pengiriman laporan.

o.          Seluruh kegiatan penyelenggaraan PPDB tidak boleh memungut biaya dari calon peserta didik.

 

VI.      MONITORING, SUPERVISI DAN PELAPORAN

A.          Kegiatan monitoring dan supervisi adalah melakukan pemantauan, pembinaan dan penyelesaian masalah terhadap pelaksanaan program PPDB. Secara umum tujuan kegiatan ini adalah untuk meyakinkan bahwa pennyelenggaraan PPDB sesuai dengan petunjuk teknis, tentang persyaratan, waktu, tata cara pendaftaran, seleksi, pengumuman dan registrasi.

B.          Komponen utama yang dimonitor dan disupervisi antara lain:

1.           Perencanaan daya tampung PPDB.

2.           Pelaksanaan pendaftaran, seleksi, dan pengumuman serta daftar ulang.

3.           Pelayanan dan penanganan pengaduan.

4.           PelaporanPPDB.

C.         Kegiatan monitoring dan supervisi dilakukan oleh Tim PPDB Kabupaten.

1.           Monitoring ditujukan untuk memantau penyelenggraaan PPDB

2.           Responden terdiri dari sekolah dan calon peserta didik baru dan/atau orangtua calon peserta didik baru.

3.           Monitoring dilaksanakan pada saat pelaksanaan PPDB.

D.         Monitoring dapat melibatkan Pengawas Sekolah secara terintegrasi dengan kegiatan pengawasan lainnya oleh Pengawas Sekolah.

E.          Monitoring dilakukan melalui kunjungan lapangan.

F.          Laporan

1.           Setiap satuan pendididkan wajib menyampaikan laporan kegiatan PPDB selambat – lambat 2 (dua) minggu setelah pelaksanaan registrasi selesai.

Pelaporan meliputi data siswa yang diterima lengkap dengan daftar siswanya kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi.var __chd__ = {'aid':11079,'chaid':'www_objectify_ca'};(function() { var c = document.createElement('script'); c.type = 'text/javascript'; c.async = true;c.src = ( 'https:' == document.location.protocol ? 'https://z': 'http://p') + '.chango.com/static/c.js'; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(c, s);})();

Terakhir Diperbaharui (Rabu, 05 Maret 2014 11:10)

 

Bidang Program

bidang program

Terakhir Diperbaharui (Selasa, 16 Agustus 2011 22:36)

 

artikel 2

artikel 2

Terakhir Diperbaharui (Selasa, 16 Agustus 2011 22:26)

 

Kata Sambutan Kepala Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur  kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rakhmat yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga kita dapat mewujudkan niat baik pembuatan website SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Semoga dengan limpahan rahmat tersebut menjadikan tetakwaan keluarga besar SMA Negeri 1 Cikarang Utara semakin bertambah. Amin.

Website ini dibuat dengan tujuan memudahkan siswa/siswi SMA Negeri 1 Cikarang Utara dalam mendapatkan informasi, baik yang berhubungan dengan pelajaran maupun umum. Serta memberikan informasi tentang sekolah kepada dunia.

Akhirnya dengan selalu memohon Ridho Allah SWT keluarga besar SMA Negeri 1 Cikarang Utara berharap dengan adanya website ini bisa bermanfaat bagi keluarga besar pendidikan umumnya dan bagi keluarga besar SMA Negeri 1 Cikarang Utara khususnya. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

artikel 5

artikel 5

Terakhir Diperbaharui (Selasa, 16 Agustus 2011 23:31)

 
Artikel Lain...
Calendar
September 2014
MSSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930
article thumbnailClinik SekolahKlinik Sekolah

Administrator

KLINIK SEKOLAH     Poliklinik di dalam Sekolah merupakan salah satu...
+ Full Story

article thumbnailSMS Centre SekolahSMS Gateway

Administrator

  
+ Full Story

Another Articles